Menyiapkan makanan untuk anak 1 tahun

By Admin - April 27, 2022

 


Mau dimasakin apa ya ? kadang rewel, susah makan, masa mau makan bubur terus ? aduh pusing

Begitulah kira kira apa yang ada di benak Bunda yang memiliki anak usia 1 tahun. Serba bingung bukan ?

Bagaimana sih agar anak mau makan dengan lahap ? kira kira menu apa yang cocok buat mereka

Untuk buat persiapan menu makanan anak 1 tahun, Bunda sangat disarankan merujuk ke program Isi Piringku berasal dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Selain itu, Bunda juga dapat mencoba beberapa tips tersebut ini untuk di dalam buat persiapan menu makanan anak 1 tahun. Simak, yuk!

 

  1. Siapkan menu yang mirip bersama dengan anggota keluarga lainnya. Ya, kini sang Anak sudah sanggup menyantap nyaris semua makanan yang disantap anggota keluarga lainnya.
    Perkenalkan ia bersama dengan beragam jenis makanan dan beragam sumber pangan agar si Kecil jadi kaya rasa dan tidak pilih-pilih makanan.

  2. Batasi pemakaian gula dan garam.
    Selain agar si Kecil mengenal rasa asli bahan pangan yang diolah jadi makanan anak 1 tahun, membatasi gula dan garam terhitung diperlukan untuk merawat kesegaran sang Anak dan semua anggota keluarga, tentunya.

  3. Si Kecil butuh asupan lemak, namun pasti sebaiknya yang dikonsumsi anak berupa lemak sehat. Misalnya lemak sehat yang didapat berasal dari salmon, alpukat, atau selai kacang
     
  4. Walaupun sudah sanggup makan menu yang mirip bersama dengan Bunda, sang Anak masih mudah tersedak.
    Untuk itu, Bunda sanggup menyiasatinya bersama dengan menyajikan makanan anak 1 th. di dalam potongan kecil, diiris, dibuat tekstur yang sedikit lebih lunak.
    Ketika menyajikan bahan pangan sayuran yang agak keras layaknya wortel dan lainnya, pastikan sudah dimasak sampai cukup lunak. Jika menyajikan ikan, pastikan Bunda sudah menyingkirkan durinya.

  5. Ajak anak makan bersama dengan keluarga. Pasalnya, tak sekedar sebagai pemenuhan keperluan nutrisi, makan Bersama juga terhitung merupakan pengalaman sosial bagi anak.
    Anak juga akan belajardan menerapkan pola makan yang baik sebab ia sanggup menyaksikan hal yang sama berasal dari orang-orang di sekitarnya.

  6. Siapkan makanan anak 1 th. di dalam porsi kecil. Jika ia menghabiskan makanannya, Bunda boleh menambahkan lagi sekiranya anak sanggup menghabiskannya.
    Cara ini akan menolong anak belajat untuk senantiasa menghabiskan makanannya dan tidak mulai kewalahan untuk menghabiskan makanan di piringnya. Porsi makan kecil terhitung memudahkan anak untuk studi makan sendiri.

  7. Jika anak menolak makan, bisa jadi alasannya adalah rasa yang tidak enak, makanan benar-benar panas, porsi yang benar-benar besar, alat makan yang sukar ia gunakan, atau menu makan yang itu-itu saja.
    Cari tahu dahulu apa penyebab anak menolak makan agar Bunda sanggup menerapkan solusi yang tepat.

  8. Apabila anak punyai alergi atau intoleransi pada bahan pangan tertentu, Bunda wajib cermat untuk mengatur menu makanan anak 1 tahun yang disajikan tidak punya kandungan bahan pangan pemicunya.
    Konsultasikan bersama dengan dokter anak atau pakar gizi untuk pangan penggantinya agar keperluan nutrisi si Kecil senantiasa sanggup terpenuhi

  9. Selain mengenalkan beragam citarasa makanan, Bunda terhitung wajib mengenalkan beragam jenis tekstur makanan.
    Lagi-lagi tujuannya agar si Kecil tidak jadi anak yang pilih-pilih makanan, atau picky eater

  10. Saat menyajikan makanan anak 1 tahun, sebaiknya memanfaatkan alat  makan tertentu untuk anak.
    Selain lebih aman, ukurannya terhitung lebih cocok bagi anak dan memudahkan anak untuk studi makan sendiri.

Juga yang tidak kalah penting ya Bunda, untuk tidak lupa untuk merawat kebersihan bahan-bahan dan perangkat yang digunakan untuk memasak ya

Masaklah tiap-tiap bahan pangan bersama dengan cara yang tepat agar menu sehat aman untuk disantap dan juga kandungan nutrisinya senantiasa terjaga. Selain itu, ketika anak sudah mulai tumbuh besar Bunda terhitung sanggup melibatkannya di dalam sistem menyusun menu makanan

Tentunya disesuaikan bersama dengan step tumbuh kembang dan kekuatan sang Anak, ya

  • Share:

You Might Also Like

0 comments